Kmerblog.net – Bubur merupakan makanan yang bisa disajikan untuk pengganti atau pendamping susu bagi bayi. Bubur termasuk makanan yang sering diberikan pada bayi karena teksturnya yang lembut membuat bubur mudah dicerna tubuh bayi yang sistem pencernaannya belum sebaik orang dewasa. Rasanya yang enak juga membuat bayi ketagihan. Selain itu pembuatannya yang praktis membuat makanan ini banyak dibuat oleh para orang tua untuk anaknya. Untuk bubur sederhana, hanya bermodal beras dan sedikit penyedap rasa sudah bisa dibuat. Untuk jenis bubur yang lain ibu bisa membuat bubur daging, bubur kentang, bubur susu atau menu lainnya tergantung kreatifitas ibu yang terpenting sesuai usia si kecil. Jika baru berusia 6 bulan, maka bubur bayi 6 bulan yang cocok adalah yang teksturnya sangat halus. Untuk toppingnya terserah ibu, yang terpenting semua sudah dihaluskan dan mengandung gizi yang baik bagi tubuh si kecil.

Bubur Bayi 6 Bulan Dari Berbagai Negara ASIA

Tahukah ibu, selain bubur beras merah, bubur beras putih yang biasa disajikan di Indonesia, di negara lain khususnya Asia ada juga jenis bubur yang disajikan untuk bayi. Berikut ini beberapa negara yang mempunyai jenis bubur untuk para bayinya.

1. Indonesia
Di indonesia sudah jelas namanya, yaitu bubur. Apapun bahannya kita sebut bubur. Biasanya bubur yang diberikan untuk bayi yaitu bubur beras merah atau beras putih yang dicampur dengan ASI. selain itu ada juga yang memberikan anaknya bubur lain seperti telah disebutkan diatas.

2. Jepang
Okayu, sebutan bubur beras bagi bayi di negara Jepang. Terbuat dari bumbu-bumbu tradisional Jepang ditambahkan dengan rumput laut atau lebih dikenal dengan nama nori. Selain okayu, ada juga bubur yang dibuat dari labu dan wortel yang dihaluskan disanana.

3. Filiphina
Di Filiphina kita akan mengenal bubur bayi dengan nama lugaw. Bubur bayi yang terbuat dari beras putih dicampur dengan kaldu ayam, jahe dan bawang putih. Mirip dengan bubur di Indonesia, namun di Filiphina ditambah dengan jahe.

4. Bangladesh
Bubur di Bangledesh dikenal dengan nama konji jaou / kanji jau. Bubur yang terbuat dari beras yang dimasak hingga mendidih dengan kandungan air yang tinggi. Bisa juga dikonsumsi untuk si kecil.

5. India
Bubur untuk bayi di India adalah Khichdi atau dal khichdi. Terbuat dari lentil, beras, ghee (minyak samin) dan taburan kunyit. Di India juga ada makanan lain untuk bayi Hindu, yaitu puding yang terbuat dari nasi. Biasanya diberikan kepada anak dalam upacara annaprashan atau perayaan untuk pertama kali bayi mengonsumsi makanan padat.

6. Cina
Di Cina ada yang namanya unik, yaitu congee atau disebut khao piak/lao. Bubur ini biasanya dimakan untuk sarapan. Lebih cocok lagi jika dikonsumsi pada cuaca dingin. Lao adalah bubur yang dimasak dengan campuran kaldu ayam atau nasi dan juga air. Bubur ini cocok untuk disantap dengan rebung, seafood, telur, dan tahu. Bayi atau orang dewasa cocok menyantap bubur yang satu ini.

7. Thailand
Bubur khas Thailand ini seperti nasi dengan banyak kuah. Lebih tepatnya kuah kaldu ayam. Lebih nikmah jika ditambah saos ikan dan potongan ayam. Kesukaan si kecil banget nih.

Itulah jenis-jenis bubur dari beberapa negara di Asia, ada yang hampir sama dengan Indonesia namun beda dari penamaannya saja. Dari uraian diatas ibu bisa membuat bubur bayi 6 bulan buatan sendiri. Tinggal menyiapkan bahan-bahan diatas dan jika ingin mengetahui resep lainnya bisa mencari referensi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *