Tahap-Tahap Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Kmerblog.net – Menjadi orang tua tidak boleh terlalu cuek dan membiarkan anak melakukan apapun. Anda harus teliti dalam memperhatikan tumbuh kembangnya dari mulai lahir hingga bisa berjalan nanti. Dan pastikan anak Anda tidak mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembangnya. Dalam artikel ini saya akan membahas tentang perkembangan bayi usia 6 bulan.

Tahukah mom, tumbuh kembang anak harus diamati setiap saat dan setiap waktu ? karena sangat penting untuk orang tua mengetahui pertumbuhan anaknya dari waktu ke waktu. Ini indahnya menjadi orang tua, bisa menikmati proses pertumbuhan anak dari kecil hingga dewasa.

Tumbuh kembang anak memang berbeda-beda pada setiap tahapnya, seperti contohnya anak usia 6 bulan seharusnya sudah bisa melakukan hal seperti pada subbab berikut ini :

1.Merangkak

Pada usia 6 bulan biasanya si kecil sudah bisa merangkak, tahap ini dialami banyak bayi pada umumnya. Jika anak Anda belum bisa merangkak bisa jadi ada perkembangan yang terhambat. Tetapi jangan khawatir, bisa saja anak Anda mengalami pertumbuhan yang berbeda pada umumnya. Contohnya seperti tumbuh gigi pada anak dan biasanya akan lebih lama untuk berjalan jika anak Anda lebih cepat tumbuh giginya.

2.Gulang-Guling

Aktifitas ini paling disukai anak, biasanya setelah bisa merangkak anak tidak bisa langsung gulang-guling. Butuh keahlian khusus untuk bisa, tetapi jika anak Anda sudah mulai bisa membolak-balikkan badan biasanya sebentar lagi si kecil akan bisa duduk sendiri.

3.Duduk Sendiri

Pada fase ini anak akan belajar duduk sendiri, biasanya berawal dari merangkak terlebih dahulu. Untuk bisa duduk sendiri, anak harus lancar merangkak dari mulai maju ataupun mundur. Namun, ada anak yang langsung duduk tanpa lancar merangkak seperti keponakan saya. Jadi, setiap anak memang berbeda perkembangannya tergantung pertumbuhan si kecil.

Untuk ketiga tahap diatas biasanya dialami oleh banyak anak yang memiliki tumbuh kembang baik, apalagi anak Anda sudah bisa duduk sendiri itu tandanya anak Anda memiliki tumbuh kembang yang cepat. Untuk anda yang ingin pertumbuhan anaknya baik dan cepat bisa diusahakan dengan maksimal, caranya dengan mengajari si kecil dan mendukungnya.

Jangan khawatir jika anak Anda belum bisa, bisa jadi anak Anda sedang tumbuh gigi atau belajar bicara terlebih dahulu. Namun, yang Anda harus ingat adalah saat anak Anda memasuki usia 2 tahun tetapi belum bisa berjalan sebaiknya Anda membawa anak ke dokter spesialis anak untuk diperiksa tumbuh kembangnya. Bisa jadi ada masalah serius yang telah terjadi pada anak Anda.

Catatan untuk para orang tua, terutama untuk yang baru memiliki anak pertama sebaiknya perhatian dan memperhatikan tumbuh kembang si kecil dan jika menemukan masalah sebaiknya segera pergi ke dokter. Jadilah orang tua yang cepat dan tanggap dalam menghadapi masalah pada si kecil.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *