Pentingkah Susu Ibu Hamil Untuk Janin ?

Kmerblog.net – Oke pada kesempatan ini, saya ingin mengulas tentang pentingkah susu ibu hamil ? Apakah benar bermanfaat untuk orang hamil ? Ayo simak artikel iniĀ  hingga selesai ya.

Ibu yang sedang hamil membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk menunjang bayinya agar sehat dan sempurna. Namun, permasalahan seorang yang sedang hamil adalah sering sekali muntah dan sangat sulit untuk mengkonsumsi makanan. Susu ibu hamil dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Di sisi satunya lagi, minum susu saat hamil juga tidak diwajibkan karena ditakutkan janin yang ada didalam kandungan terlalu besar dan akan sulit keluar saat proses melahirkan kelak. Sebenarnya apa saja yang terkandung dalam susu seorang ibu hamil ? Berikut ini adalah kandungan dan manfaatnya :

1. Susu tinggi bakal kalsium

Selama dalam masa kehamilan, kalsium ialah salah satu zat yang paling dibutuhkan dan Anda harus mencukupinya. Apabila Anda kurang zat kalsium, maka urusan itu akan memberikan akibat yang tidak cukup baik dan lumayan besar untuk tumbuh kembang dan kesehatan bayi Anda terutama pada kekuatan tulang dan gigi si kecil. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk minum 3 gelas susu dalam sehari.

2. Susu mencukupi keperluan protein

Jika Anda kekurangan dalan protein ketika hamil, maka dapat menyebabkan turunnya berat badan dari janin yang sedang kita kandung, rata-rata ibu hamil yang minum susu akan mempunyai janin lebih besar dari biasanya. Selain kandungan protein, susu juga dipercaya dapat menguatkan rahim ibu, dapat melancarkan sirkulasi darah dan dapat menyehatkan payudara (media untuk bayi saat meminum air susu ibu).

3. Susu adalah sumber vitamin D yang baik

Susu ialah salah satu sumber vitamin D yang sangat baik jika dibandingkan dengan protein lainnya. Vitamin D ini sangat diperlukan untuk dapat menangkal rakhitis neonatal dan dapat mengatasi berat badan bayi yang rendah. Meminum susu dapat mencukupi keperluan vitamin D Anda sebanyak 59% dari kebutuhan perhari. Mengingat kebutuhan energi ibu hami perhari 300 kkal disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi untuk memenuhi kekurangan vitamin D saat kehamilan.

4. Susu bisa meredakan mual

Ketika sedang hamil, mual atau morning sickness adalah hal yang tidak jarang ditemui. Tapi Anda dapat meredakannya dengan teratur meminum susu dingin yang sangat berfungsi untuk bisa meringankan mual, maag ataupun masalah lambung lainnya.

6. Susu menghidrasi tubuh

Susu adalah cairan yang paling baik dan sangat berfungsi untuk menghidrasi tubuh. Sehingga Anda pun akan terhindar dari dehidrasi sekitar hamil. Pada kondisi ini, sangat tidak baik untuk seorang ibu hamil dalam keadaan dehidrasi. Karena akan berpengaruh pada kondisi anak yang sedang dikandungnya. Maka disarankan untuk ibu hamil agar selalu rajin minum untuk memenuhi kebutuhan cairan selama masa hamil.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika Anda meminum susu saat kehamilan. Namun, anda tidak perlu mengkonsumsi susu jika setiap hari Anda makan makanan bergizi dan yakin telah mencukupi kebutuhan pribadi dan untuk janin. Kelebihan kandungan gizi akan membuat calon bayi Anda terlalu besar dalam kandungan daripada bayi normal lainnya.

Demikianlah artikel tentang pentingkah minum susu saat hamil. Dari artikel ini Anda dapat menentukan mana yang terbaik untuk Anda dan si kecil. Minum susu atau tidak itu sudah menjadi pilihan setiap mama diseluruh Indonesia. Bijaklah dalam memilih setiap produk untuk dikonsumsi apalagi dalam masalah kehamilan dan calon anak Anda. Semoga bermanfaat dan berguna untuk banyak orang isi yang terkandung dalam artikel ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *