Kmerblog.netKapan bayi bisa melihat secara jelas? Mungkin pertanyaan ingin pernah terbesit di fikiran Anda. Bayi memiliki suatu tahapan dalam proses penglihatannya. Awal kelahiran, bayi belum dapat melihat secara jelas. Melainkan hanya bisa melihat objek yang di dekatnya seperti mata dan wajah. Namun, dengan perkembangannya dari 1 hingga 12 bulan bayi menuju fase penglihatan yang ideal. Mampu melihat baik dekat maupun jauh. Memahami perbedaan warna dan bentuk objek. Memperlihatkan keahliannya melihat objek bergerak.

Sayangnya dalam perkembangan seorang bayi, pernah ditemui bentuk mata yang tidak sesuai. Seperti halnya mata juling. Hal ini disebabkan oleh proses tahapan penglihatan bayi yang tidak berjalan secara baik. Sehingga, si mungil tidak menghasilkan mata yang tepat. Bisa dipicu oleh berbagai hal, baik aktifitas gerak mata. Maupun faktor secara medis.

Mata juling atau memiliki nama lain strabismus. Suatu kondisi mata yang tidak bisa melihat ke arah sama. Tidak mampu melihat gerakan mata. Mata terlihat fokus pada bagian lain, bukan merujuk pada suatu objek yang dilihatnya. Bagian mata seolah melihat kiri ataupun kanan. Tentunya ini suatu masalah karena bayi akan tumbuh dengan mata yang terlihat aneh.

Problem ini memiliki beberapa penyebabnya seperti gangguan mata awal, otot dan syaraf mata. Selain itu bisa karena kelelahan mata, amblypobia atau kemalasan mata, down sindrom, kelainan hidrocefalus, kelainan sistem syaraf, premature, pernah cidera, gangguan cerebral palsy. Adanya penyakit tertentu juga turut menjadi latarbelakang terjadinya mata juling seperti penyakit tumor mata, retinoblastoma.

Tips Pencegahan Terjadinya Mata Juling Pada Bayi

Nah, agar suatu hal yang tidak diharapkan ini dapat dihindari. Perlu menerapkan beberapa tips agar bayi terlahir dengan mata normal, tidak juling. Ada beberapa poin yang dijelaskan secara detail di bawah ini.

  1. Mengajak bermain dengan mengarahkan konsentrasi penglihatan bayi. Agar si kecil dapat terlatih melihat dan tidak mengalami kemalasan melihat atau amblypobia. Hal ini juga membantu otot mata pada bayi bekerja secara efektif dan mengembangkan fokus matanya menjadi baik.
  2. Ajaklah bayi untuk terlibat aktifitas berkomunikasi dengan melihat bagian matanya dengan jelas. Cara ini pun dapat menghindari kemalasan mata. So, otot mata terlatih untuk melihat dan tidak digunakan secara bermalas-malasan.
  3. Ajari bayi untuk melihat suatu objek yang bergerak. Agar mata si kecil terbiasa untuk melihat berbagai macam benda sehingga perkembangan otot mata berjalan baik. So, sesuai dengan proses tahapan perkembangan proses penggunaan indera penglihatan bayi.
  4. Ajari bayi untuk melihat di berbagai arah. Contohnya, dengan melakukan permainan geleng kepala. Hal ini agar mata bayi bekerja dengan maksimal.

Nah, demikian pembahasan tetang kapan bayi bisa melihat secara jelas dan tips menghindari mata juling. Cobalah terapkan tips di atas untuk melakukan pencegahan. Agar bayi berkembang sesuai proses tahapannya. So, kelak tumbuh dengan maksimal dan normal. Secara ideal yang diharapkan oleh semua orang tua dan disarankan oleh pakar medis. Sehingga, buah hati Anda memiliki mata yang indah tanpa gangguan.

Penyakit mata juling pun tidak akan mendekati ananda kesayangan Anda. Memulai semuanya sejak proses perkembangan bayi sangatlah penting. Demi kelancaran kemudian. Menentukan aktifitas dan merawat bayi secara bijak juga harus ditekankan. Agar ia menjadi si kecil yang didambakan setiap orang yang melihatnya dikemudian hari. Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat. Kurang lebihnya mohon maaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *