Ke Yogyakarta Tanpa ke Museum Ini Belum Lengkap Rasanya

Kmerblog.net – Liburan ke Yogyakarta rasanya memang tidak pernah terasa membosankan. Meskipun sudah berulang kali mengunjungi provinsi yang satu ini, kamu pasti setuju bahwa banyak daya tarik yang membuatmu tidak pernah jenuh mengujunginya. Menampilkan beragam objek wisata cantik berbalut harmonisasi budaya dan panorama, bisa jadi berlibur ke Yogyakarta sudah ada dalam anganmu untuk wisata ke depan.

Bagi masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa, mengunjungi Yogyakarta pun tidak terasa sulit sebab kota yang satu ini bisa didatangi menggunakan moda transportasi apapun. Kamu bisa membeli tiket kereta api di Traveloka.com untuk singgah ke Yogyakarta melalui Stasiun Tugu maupum Leumpuyangan. Kamu pun bisa menginjakkan kaki di tanah Yogyakarta dengan menaiki pesawat terlebih dahulu hingga turun di Bandara Adi Sucipto. Menggunakan moda bus antar kota antar provinsi bisa menjadi pilihan transportasi lainnya untuk mengunjungi kota yang satu ini.

Namun, sebelum kamu membeli tiket pesawat ataupun tiket kereta api, tentunya kamu harus terlebih dahulu menentukan objek wisata apa saja yang mau dikunjungi di kawasan yang eksotis tersebut. Dari sekian banyaknya tempat wisata lama ataupun baru di Yogyakarta, ada salah satu museum yang tidak boleh terlewat dalam daftar destinasi wisatamu kala berlibur ke sana. Menyebut dirinya sebagai Museum Budaya Jawa, Museum Ullen Sentalu sangat layak untuk kamu singgahi jika benar-benar jatuh cinta pada Yogyakarta.

Terpesona dengan Suasana

Ketika menginjakkan kaki di Museum Ullen Sentalu yang berada di kawasan Kaliurang, suasana yang menyambutmu di halalaman museum ini dijamin akan langsung membuatmu terpesona. Menyajikan kesejukan khas pegunungan dengan pemandangan hijau dari pepohonan rimbun yang ada di sekitar loket masuknya, kamu akan merasa benar-benar nyaman berada di kawasan Ullen Sentalu. Kesan eksotis kental kamu peroleh dari suasana yang disajikan tersebut.

Beranjak ke dalam, kamu pun akan dibuat semakin terpesona dengan bangunan museum ini yang tidak pada umumnya. Museum Ullen Sentalu menyajikan arsitektur yang sesuai dengan arti namanya. Ullen Sentalu sendiri merupakan singkatan dari ulating blencong sejatine tataraning yang artinya “Nyala lampu merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti ke hidupan”. Berdasarkan nama itu pula, kamu akan dihadapkan pada bangunan yang terbagi-bagi, yang harus kamu titi satu per satu untuk melihat koleksi keseluruhan dari museum ini.

Tidak hanya dibuat oleh bangunan ruang koleksi yang terpisah-pisah, kamu pun akan dibuat berdecak kagum begitu melihat bangunan berbentuk kastil yang ada di halaman belakang museum ini. Kastil yang berisi butik dan tempat makan ini dijamin akan sukses membuat perjalanan liburanmu ke Ullen Sentalu menjadi tidak terlupakan.

Dari Batik hingga Jamu Awet Muda

Museum cantik yang beralamat lengkap di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, ini tidak hanya menarik dari segi arsitektur bangunan dan suasana yang diciptakannya. Koleksi yang dimiliki Ullen Sentalu pun menjadi daya tarik utama dari kunjungan tiap orang ke destinasi yang satu ini. Di Museum Ullen Sentalu, kamu bisa melihat koleksi-koleksi kerajaan yang dimiliki oleh Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta. Mulai dari lukisan hingga kain batik terpajang rapi di museum yang satu ini.

Tidak seperti museum-museum lain pada umumnya, kamu tidak hanya bisa melihat koleksi yang terpajang di museum ini. Sebaliknya, kamu akan mengetahui lengkap mengenai sejarah yang terkandung dalam tiap koleksi budaya yang ada di Ullen Sentalu sehingga perasaan nasionalismemu pun makin terasah.

Di Ullen Sentalu, kamu akan mendapatkan guide yang ahli di bidangnya sehingga mampu menjelaskan beragam koleksi yang terpajang di museum ini. Setiap guide akan membimbing satu grup perjalanan yang isinya tidak akan lebih dari 10 orang. Grup yang satu dengan yang lain pun tidak masuk berbarengan ke museum ini, melainkan diberi jeda sekitar 15 menit tiap grupnya. Karena itulah, kamu bisa lebih berkonsentrasi mengagumi dan menghayati tiap koleksi yang tersaji di museum ini. Lebih menyenangkannya lagi, guide yang akan menemanimu dan kelompokmu tersebut tidak perlu masuk dalam budget tambahanmu sebab sudah termasuk dalam tiket masuk Museum Ullen Sentalu yang nominalnya di bawah Rp50.000.

Saking banyaknya koleksi yang terbagi dalam beberapa ruang di museum ini, butuh waktu hampir satu jam untuk mengelilingi Museum Ullen Sentalu. Barisan batik, lukisan, dan barang-barang antik akan menjadi peneman setiap selama kamu menjelajahi museum budaya Jawa yang satu ini. Di akhir perjalanan, rasa lelahmu pun akan terbayar tuntas dengan segelas minuman khas Jawa yang disebut-sebut sebagai jamu awet muda.

Konon katanya, minuman yang rasanya menyegarkan ini merupakan rahasia keraton yang membuat para penghuninya selalu tampil menawan dan tampak awet muda. Jadi, buat kamu yang tertarik dengan segala macam seluk-beluk budaya Jawa dan penasaran dengan jamut awet muda khas keraton, yuk segera rencanakan liburanmu ke Museum Ullen Sentalu. Dari stasiun kereta api ataupun bandara, museum di Kaliurang ini tidak sulit untuk digapai, kok.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *