10 Bahan Alami Obat Batuk Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Kmerblog.net – Artikel menarik untuk dibaca ini tentang 10 bahan alami obat batuk untuk ibu hamil yang aman. Batuk memang bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak, dewasa maupun ibu hamil. Dibawah ini ada 10 macam obat alami yang bisa digunakan bagi penderita batuk.

1. Jeruk nipis

Resep yang sudah turun temurun ini memang sangat manjur. Dari dulu hingga sekarang pemberian jeruk nipis kepada pengidap batuk masih saja menjadi tren. Apalagi jika anak yang terkena batuk, sang Ibu langsung memberinya jeruk nipis yang dicampurkan dengan sedikit kecap manis atau jika tidak suka kecap bisa menggunakan madu agar rasanya tidak terlalu asam mengingat jeruk nipis sendiri memiliki rasa yang sangat asam. Untuk penggunaannya bisa dilakukan 2-3 kali dalam sehari.

Jeruk nipis bisa membantu dalam mengobati batuk karena bisa mengeluarkan dahak atau lendir yang ada di tenggorokan. Dahak sendiri terjadi karena adanya peradangan yang terjadi pada saluran pernafasan. Selain itu, virus dan bakteri seperti influenza, tuberculosa dan campak juga menjadi penyebab batuk berdahak.

2. Jahe

Selain sebagai bumbu masak, jahe mempunyai banyak manfaat. Karena rasanya yang pedas, banyak anak yang kurang suka dengan jahe ini. Oleh karena itu anak-anak lebih memilih jeruk nipis ketimbang jahe. Tapi kalau sudah jadi wedang jahe anak-anak pun suka, karena rasa pedasnya sudah berkurang bercampur dengan gula.

Jika batuk berdahak, minumlah ramuan jahe ini dengan cara mengiris kasar jahe kemudian di rebus dengan segelas air, masak sampai mendidih. Setelah matang angkat dan tuangkan kedalam gelas. Untuk tambahan lainnya bisa menggunakan madu. Minum selagi hangan 2-3 kali sehari. Jahe juga berguna sebagai obat batuk yang aman untuk ibu hamil. Selain enak juga bisa menghangatkan tubuh.

3. Kencur

Kencur parut dan jahe kemudian dimasak sampai mendidih, konsumsi selagi hangat. Diminum 2-3 kali sehari.

4. Daun Sirih

Biasanya daun sirih digunakan untuk obat mimisan dan masalah kewanitaan. Namun, daun sirih juga bisa dijadikan sebagai obat batuk alami. Daun sirih juga bisa dijadikan obat batu untuk semua kalangan termasuk ibu hamil. Caranya ambil daun yang masih segar kemudian sobek-sobek, rebus sampai mendidih. Minum airnya selagi hangat. Untuk rasa yang lebih nikmat bisa dicampur dengan madu. Diminum 2x sehari.

5. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh mempunyai rasa yang sangat asam. Namun, buah ini juga berkhasiat meredakan batuk berdahak. Caranya sama seperti jahe, yaitu diparut dan dicampur dengan air panas.

6. Kunyit

Kunyit berfungsi sebagai anti biotik alami yang berguna untuk mengatasi peradangan pada saluran pernafasan yang merupakan salah satu faktor penyebab batuk kering. Campurkan bubuk kunyit dengan bubuk lada dalam gelas air panas, aduk merata dan minum selagi hangat.

7. Cabe jawa dan madu

Campurkan cabe halus dan madu secukupnya, tambahkan air hangat dan minum 2-3 kali sehari.

8. Daun kayu putih

Daun kayu putih berguna untuk menghangatkan tubuh. Selain itu daun kayu putih juga berkhasiat mengobati batuk. Campurkan daun kayu putih dengan air kemudian rebus sampai mendidih, munim selagi hangat.

9. Asam jawa dan gula merah

Selain bahan untuk memasak, gula merah dan asam jawa bisa dibuat untuk oba batuk herbal. Ambil asam jawa secukupnya, seduh dengan air panas dan tambahkan gula merah secukupnya. Hidangkan selagi hangat, minum 2-3 kali sehari.

10. Jahe merah

Jika diatas kita membahas jahe biasa atau jahe putih, kali ini kita gunakan jahe merah. Jahe merah sangat bermanfaat sekali untuk menghilangkan batuk. Walaupun harganya cukup mahal namun khasiat yang didapat memang sebanding.

Itulah 10 bahan alami obat batuk untuk ibu hamil yang berguna untuk mengobati batuk kering dan batuk berdahak. 10 bahan tersebut dapat dipastikan aman karena alami dan bisa dikonsumsi siapa saja yang terpenting tidak mempunyai keluhan lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *